-->

Pengenalan C++

 

1. Pengenalan C++
C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman selain Pascal, dan didasarkan atas bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yag dikembangkan oleh Dennis Ritchie, seorang pengembang system di laboratorium Bell AT&T di Murray Hill, New Jersey yang bekerja pada system operasi UNIX. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah objek atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Pemrograman C++ pada dasarnya hampir sama dengan bahasa Pemrograman Pascal. Pada pemrograman C++, dibentuk dari sekumpulan prosedur (yang disebut fungsi, namun tidak mengembalikan nilai) yang disimpan dalam satu atau lebih file sumber, dimana tiap prosedur ini berisikan deklarasi, statement(pernyataan), dan elemen-elemen lainnya yang bersama-sama memberikan perintah kepada computer untuk melakukan sesuatu.

Setiap program yang ditulis dalam bahasa C++/C harus memiliki sebuah fungsi utama dengan nama main( ). selanjutnya jika kita ingin mendefinisikan fungsi-fungsi lain maka kita akan melakukannya diluar fungsi utama tersebut. Dalam C++, kode yang dibaca adalah kode-kode yang terdapat pada fungsi utama.
 
2.    Struktur  C++  
  •  Header adalah awal untuk menjalankan sebuah program yang di tandai dengan include <File Header> 
  • Deklarasi adalah tempat untuk memperkenalkan elemen-elemen yang akan di gunakan deskripsi yaitu variable, konstanta, type data.
  • Deskripsi adalah proses penyelesaian masalah yang dimulai dengan buka kurung kurawal { dan diakhiri tutup kurung kurawal }.
3.    File Header 


File header merupakan perpustakaan atau library yang berisi fungsi-fungsi lain dan telah dikompilasi sebelumnya. Penulisan file header harus diawali dengan directive #include, dan diapit oleh tanda ( < > ) atau ( “ “ ). Dalam pemrograman C++, terdapat beberapa file header, seperti iostream, conio, stdio, dll.
  • Iostream, yang mengenali fungsi cout dan cin. cout adalah suatu fungsi yang digunakan untuk mencetak data pada layar. Sedangkan cin adalah suatu fungsi yang digunakan untuk memasukkan atau menginputkan data pada layar.
  • Conio, yang mengenali fungsi getchar, getch,getche,clrscr() file header ini, digunakan untuk membuat teks antarmuka pengguna. 
  • Stdio, yang mengenali fungsi scanf, gets, printf, puts, putchar. Stdio.h merupakan singkatan dari Standard Input Output Header, dan digunakan untuk berbagai standar input output operasi. Dan masih banyak lagi.
  • Using namespace std; Perintah ini digunakan untuk mendeklarasikan atau memberi tahukan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi/class/file yang terdapat dalam namespace std. namespace sendiri memiliki kesamaan dengan paket pada bahasa java yang berisi pengelompokan fungsi, class dan yang sejenis. Pada C++ library-library umumnya disimpan dalam namespace std, seperti cin dan cout.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel