-->

Sejarah singkat Sistem operasi (SO) / Operation system (OS)

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Hi warganet kembali lagi saya memposting tentang yang berkaitan dengan komputer. yaps kali ini saya share info tentang sejarah sistem opereasi, postingan ini bertujuan untuk memudahkan kawan-kawan pelajar untuk menyelesaikan tugasnya, langsungsaja ke Tkpnya di bawah:



SISTEM OPERASI

PENGENALAN SISTEM OPERASI
Sistem operasi atau yang juga dikenal dengan istilah Operating System (OS) adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.
Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting. Bisa dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.
SEJARAH WINDOWS Windows versi pertama merupakan Windows Graphic Environment 1.0 yang pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pada bulan November tahun 1985. Versi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 adalah perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS

  1. Windows 1.0 - Windows 1.04 (1985-1987)
Ini merupakan Versi pertama Microsoft
Windows, disebut dengan Windows 1.0,
perilisannya pada tanggal 20 November 1985.
Versi ini masih banyak kekurangan, sehingga
terlihat kurang populer.

Hasil gambar untuk windows 1.0

  1. Windows 2.0 (1987)
Versi ini dirilis pada tanggal 1 Desember 1987, di versi ini terdapat sebuah teknologi implementasi pada window dimana dapat di minimize ataupun maximize. Windows 2.0 memiliki keuntungan dari kecepatan yakni processor intel 286. Saat itu Windows 2.0 dijual seharga U$100.
 [​IMG]

  1. Windows 3.0 (1990)
Sejarah perkembangan Windows selanjutnya yakni Windows 3,0 yang memberikan peningkatan kemampuan serta grafik 16 warna, dan tak lupa dukungan dari prosesor intel 386. Versi ini terbilang populer, dan berkembang pesat ketika dirilisnya Windows Software Development Kit (SDK). Hal ini membantu para developer dalam memfokuskan pada penulisan aplikasi sehingga dapat mengabaikan penulisan driver.
[​IMG]


  1. Windows 95 (1995)
Windows 95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. System Operasi ini berbasis system 32 bit yang mendukung multi tasking, system file yang lebih maju, threading, networking, dll. Versi 95 ini juga termasuk tinjauan kembali secara menyeluruh di bidang interfacenya.

Hasil gambar untuk Windows 95
  


  1. Windows NT Workstation 4.0 (1996)
Terdapat Upgrade yang ditujukan di sistem operasi desktop kelas bisnis ini dimana akan memberikan kemudahan dalam penggunaan serta pengaturan yang lebih sederhana, output jaringan yang lebih besar, sebagai alat untuk pengembangan dan pengaturan intranet. Windows NT Workstation 4.0 ini juga meliputi didalamnya terdapat tampilan Windows 95 dengan peningkatan dalam mengakses internet dan intranet.
  
 Hasil gambar untuk Windows NT Workstation 4.0
  1. Windows 98 (1998)
Sistem operasi Windows 98 merupakan perbaikan dari sistem operasi Windows 95. Sistem operasi ini memiliki keunggulan yakni adanya pembaharuan dalam driver perangkat keras dan telah didukung sistem berkas FAT32 yang lebih baik.
 Hasil gambar untuk Windows 98



  1. Windows 2000 Profesional (2000)
Windows ini merupakan Windows yang hanya sekedar update. Windows ini juga didesain untuk menggantikan Windows 95, Windows 98 dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. Dibangun dari kode dasar Windows NT 4.0, Windows 2000 ini sudah mengalami perkembangan pesat pada reabilitas dan kemudahan, serta dukungan komputansi mobile.

Hasil gambar untuk Windows 2000

  1. Windows XP (2001)
Sejarah Windows XP dimulai di tahun 2001. Terdapat inovasi dalam pengalaman yang Microsoft berikan untuk pengguna PC. Dengan adanya Windows XP, pengguna di rumah dapat menikmati berbagai format musik, video, pesan, serta foto di komputer milik mereka. Pengguna bisnis juga dapat bekerja lebih cepat dan lebih smart, dan tak lupa dengan tampilan yang lebih segar.
. [​IMG]

  1. Windows Vista (2006)
Sejarah Windows Vista di mulai di tahun 2006. Kesuksesan Windows XP membuat Microsoft tidak berhenti begitu saja tetapi tetap mengembangkan sistem operasi Windows berikutnya. Versi ini disebut dengan Windows Vista. Bagi kalangan bisnis Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 sedangkan untuk pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.


[​IMG]

  1. Windows 7
Sejarah sistem operasi windows selanjutnya adalah Windows 7, dimana sebelumnya dikenal dengan Blackcomb dan Vienna. Pertama kali dirilis, Windows 7 memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yakni perbaikan dari Windows Vista yang mana saat dirilis pertama kali memiliki kernel NT 6.0 build 6000.

[​IMG]
  1. Windows 8
Windows 8 dimulai dengan melanjutkan kesuksesan sistem operasi Windows 7. Sistem operasi Windows 8 merupakan nama kode untuk versi selanjutnya dari produk Microsoft. Sistem operasi Windows 8 diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada PC atau komputer pribadi,
[​IMG]
  1. Windows 10
Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.
[​IMG]

LINUX Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama. Linux menggunakan sebuah license yang bernama GNU General Public License (GNU/GPL). Apa itu GNU GPL? Singkatnya GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) secara bebas digunakan dan disebarluaskan dimana pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli. Dan system operasi itu sendiri ada 2 macam yakni, system operasi open source dan system operasi close source .
  1. Sistem Operasi Open Source
Sistem operasi open source adalah perangkat lunak yang dimana kode programnya bersifat terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar bisa untuk dipelajari, diubah maupun dikembangkan. Adapun keuntungan open source ialah :

  1. Legal
  2. Keamanan system
  3. Hemat biaya
  4. Lebih aman
  5. Bebas malware
  6. Lisensi gratis
  7. Bebas untuk mengubah dan memodifikasi
Kekurangan open source ialah
  1. Tidak ada garansi
  2. Tidak adanya perlindungan Hak atas kekayaan intelektual (HAKI)
  3. User interface rumit bagi pengguna awam
  4. Open source digunakan secara sharing

     Contoh Sistem operasi open source :
  1. UNIX
  2. Linux Ubuntu
  3. Garuda OS
  4. Debian
  5. Kali linux
  6. Slackware
  7. GNU Linux

Sistem Operasi Close Source
Sistem operasi close source adalah system operasi kodenya tidak dibuka untuk umum, pemilik kode close source bisa membagikan source codenya melalui lisensi secara gratis maupun dengan membayar
Kelebihan Open source ialah :
  1. Kestabilan system terjamin
  2. Support langsung dari pemilik program
  3. Lebih mudah digunakan
Kekurangan Open source ialah :
  1. Celah yang terbuka
  2. Pengembangan terbatas
  3. Diperlukan antivirus
  4. Harga lisensi mahal
Contoh Sistem operasi close source ialah :
  1. Ms-Dos
  2. Windows 95
  3. Windows 98
  4. Windows ME
  5. Windows NT
  6. Windows XP
  7. Windows 2003
  8. Windows Vista
  9. Windows 7
  10. Windows 8
  11. Windows


Sampai disini dulu postingan kali ini semoga bermanfaat
 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel