-->

Pengertian Komponen dan Klasifikasi sistem informasi

Komponen dan Klasifikasi sistem informasi

Komponen sistem teknologi informasi
 Komponen sistem teknologi informasi adalah sistem yang berbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mengcakup hal-hal yang bersifat fisik saja, seperti printer, komputer, atau radio melainkan juga mengcakup hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu software, dan yang lebih utama adalah orang. Komponen utama teknologi informasi berupa: 
  1. Perangkat keras (hardware).
  2.    Perangkat keras adalah semua peralatan yang digunakan dalam sistem teknologi informasi.

  3. Perangkat lunak (software).
  4.     Perangkat lunak adalah program  yang digunakan untuk mengendalikan sistem komputer

  5. Orang (brainware).
  6.     komponen yang menentukan keberhasilan sistem yang menerapkan teknologi informasi.
Klasifikasi sistem teknologi informasi
   Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasi. Misalnya menurut fungsi sistem (embedded IT system, dedicated IT system , dan general Purpose IT system).
Menurut fungsi sistem
    Berdasarkan fungsi yang diembah sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi: sistem teknologi informasi  yang melekat (embedded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus  (dedicated IT system), dan sistem teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system).

  • Embedded IT system
  •    Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. contohnya: Sistem VCR (video cassette recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pengguna dapta merkam tanyangan televisi. Sistem teknologi informasi pada lift digunakan untuk mengendalikan gerakan lift dalam gedung.
  • Dedicated IT system
  •     Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contohnya mesin ATM (anjungan tunai mandiri) dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuagan untuk nasabah bank. Dikatakan dirangcang secara khusus karena sistem ini tidak dapat digunakan untuk melakukan tugas seperti pengetikan dokumen.

  • General purpose IT system
  •     General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang bersifat umum. Contohnya sistem komputer yang disebut PC sistem teknologi informasi dapat digunakan untuk mencatat, membuat gambar, dan masih banyak lagi. 
sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel