-->

Pengelompokan teknologi informasi lengkap

pengelompokan teknologi informasi lengkap
Pengelompokan teknologi informasi

Telah diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompkan menjadi enam teknologi, yaitu teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi keluaran, teknologi pemroses, dan teknologi penyimpanan.
  • Teknologi masukan
  •     teknologi masukan atau biasa biasa disebut input technology adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data kedalam sistem komputer. Alat input yang sering kita jumpai yaitu flashdisk, keyboard,dan mouse.
  • Mesin pemroses
  •     Mesin pemrose (processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU (central processing unit), prosesor, atau mikroprosesor.CPU merupakan  bagian sistem komputer yang menjadi pusat pengolahan data dengan cara menjalankan program yanng mengatur pengolahan tersebut. Contohnya : prosesor INTEL dan AMD.

  • Teknologi penyimpanan
  •     Teknologi penyimpanan ada dua kelompok, yaitu penyimpanan internal (memori)  dan penyimpanan eksternal. penyimpanan internal sering juga disebut penyimpanan utama atau memori utama, berfungsi untuk menyimpan data sementara dari program maupun informasi yang bersifat sementara ketika proses pengolahan data dilakukan oleh CPU. Memori internal terdiri dari dua jenis, yaitu ROM (read only memory)memori ini hanya bisa di baca, dan RAM (read access memory) memori yang isinya dapat dibaca dan dapat diperbaharui.

  • Teknologi perangkat lunak
  •     Perangkat lunak (software) atau biasa juga disebut program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan sistem komputer, sehingga komputer dapat memproses sesuai apa yang dikehendaki. Contohnya: software microsoft word yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas, Adobe photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit gambar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel