-->

Peranan It dalam dunia medis

peranan it dalam dunia medis
Peranan teknologi informasi dalam dunia medis

Teknologi informasi banyak digunakan di bidang medis. Saat ini banya rumah sakit yang menggunakan sistem informasi untuk menangani yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, dan pasien. Sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis. Sistem informasi terkadang diperluas tidak hanya untuk pemakai internal, melainkan juga untuk pemakai eksternal (pengunjung).

Untuk mencari informasi tentang seorang pasien (misalnya apakah pasien masi menginanp di rumah sakit atau tidak, serta ada di kamar mana), pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan dengan keperluan itu, dengan mengetikkan nama pasien , sistem informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang di cari.

Banyak peralatan-perlatan medis yang juga menggunakan teknologi informasi seperti pada CT SCAN (Computer tomography). GT scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam tubuh seseorang tampa melakukan pembedahan, dengan menggunakan teknologi sinar X. Cara kerja alat ini seseorang yang akan diamati ditidurkan dalam rongga slinder panjang.

Di dalamsilinder tersebut terdapat sumber sinar X yang akan memancarkan sinar X pada bagian tubuh yang akan diperiksa. Di sisi seberang silinder terdapat sejumlah detecktor yang akan memantau pancaran sinar X  dan melakukan kalkulasi secara matematis. Slinder diputar sehingga  sumber sinar X dan Detecktor ikut berputar.

Mycin merupakan contoh sistem pakar yang digunakan untuk membantu juru medis untuk mendiagnosis penyakit darah yang cepat menular dan kemudian dapat memberikan saran berupa penggunaan anti biotik yang sesuai. Sistem ini telah diterapkan di  Stanford Medical Center  semenjak  tahun 1979 (Horn, 1986). 

Sistem pakar adalah suatu program komputer atau perangkat lunak yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel