Peranan teknologi informasi dalam dunia perbankan
Teknologi informasi ikut membantu dunia perbankan, karena kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabank dari bank yang sama yang berda dimana saja.
Pada perkembangan selanjutnya sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin yang disebut ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine) yang memudahkan nasabah untuk mengambil uang tampa harus tergantung dengan jam kerja bank. Untuk lebih mempermudah lagi nasabah bank membuat ATM bersama yang memungkinkan nasabah mengambil uang di ATM yang milik bank lain.
ATM Bersama
Kurang puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memungkinkan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja, langkah bank tak berhenti sampai di situ, dengan semakin banyanya perorangan yang mengakses internet, nasabah juga dimudahkan untuk melakukan transaksi, misalnya untuk transfer uang. Seorang anak muda yang menjadi nasabah bank, cuku duduk saja membuka laptop dan mengakses situs bank, kemudian dengan mudah untuk meneransfer uang ke rekening toko online misalnya. Dan dalam sekejap peneransferan telah selesai dilakukan .
Sebenarnya masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbangkan yang memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa bank memperkenalkan layanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan nasabah bank dapat mengecek saldo tabungan ataupun transaksi seperti pemindahbukuan melalui smartphone anda.