-->

Peranan teknologi informasi dalam dunia perbankan

Teknologi informasi ikut membantu dunia perbankan, karena kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabank  dari bank yang sama yang berda dimana saja. Pada perkembangan selanjutnya sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin yang disebut ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine) yang memudahkan nasabah untuk mengambil uang tampa harus tergantung dengan jam kerja bank. Untuk lebih mempermudah lagi nasabah  bank membuat ATM bersama yang memungkinkan nasabah mengambil uang di ATM yang milik bank lain.

ATM Bersama

Kurang puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memungkinkan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja, langkah bank tak berhenti sampai di situ, dengan semakin banyanya perorangan yang mengakses internet, nasabah juga dimudahkan untuk melakukan transaksi, misalnya untuk transfer uang. Seorang anak muda yang menjadi nasabah  bank, cuku duduk saja membuka laptop dan mengakses situs bank, kemudian dengan mudah untuk meneransfer uang ke  rekening toko online misalnya. Dan dalam sekejap peneransferan telah selesai dilakukan .


Sebenarnya masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbangkan yang memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa  bank memperkenalkan  layanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan  nasabah bank dapat mengecek saldo tabungan ataupun transaksi seperti pemindahbukuan melalui smartphone anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel