-->

Arsitektur Sistem Komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengeperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer juga dapat di definisikan  dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras  untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional ,  kinerja, dan target biayanya.

CPU

    Singkatan dari Central Crocessing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering  digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya.

    Sebuah CPU pada umumnya memiliki sejumlah komponen. Pertama adalah ALU (unit aritmatika logika) yang melakukan aritmatika sederehana dan operasi logis. CPU terletak di motherboard. Motherboard memiliki soket untu ini, yang spesifik untuk jenis  prosesor tertentu.

Fungsi CPU

     CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saha CPU lebih kuat pemrosesannya. Fungsi utama  dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik/Keyboard dan mouse. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan  instruksi perangkat lunak komputer.

CONTROL UNIT (CU)

     Salahsatu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output daru CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

ALU (arithmatic logical unit)

    Aduh atau yang biasa disebut dengan arithmatic logical unit adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang memiliki berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan sedangkan contoh operasi logika adalah Logika AND dan OR. ALU bekerja bersama-sama memori dimana hasil dari perhitungan di dalam ALU disimpan ke dalam memori

PROCESSOR

    Processor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menggerakkan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam prosesor adalah Mhz (mega heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.
Dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel